Senin, 14 Februari 2011

Perangkat Komputer (1)



Input device adalah perangkat yang digunakan untuk menerima inputer (memasukan data dan perintah) kedalam komputer untuk diolah lebih lanjut. Perangkat ini dapat berupa sinyal input maintenance. Didalam system komputer, sinyal input berupa data yang dimasukan kedalam komputer, sedangkan maintanace berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan data, perangkat input juga digunakan ntu memasukkan program. Contoh perangkat input antara lain keyboard, mouse, joystick, track, ball, digitizer, voice recognition dan kamera.



Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat sedemikian disebut terminal . terminal dapat dihubungkan kesistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau melalui alat komunikasi tertentu.

Terminal dapat dikelompokan menjadi non intelligent terminal, smart terminal dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output, serta tidak dapat deprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Perangkat seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal terminal.. smart terminal mempunyai alat memproses dan memory didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian terminal jenis ini tidak dapat deprogram oleh pengguna, kecuali oleh pabrik pembuatnya, sedangkan intelligent terminal dapat deprogram oleh pengguna oleh pengguna

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai perangkat input dapat dikelompokkan menjadi perangkat input langsung dan tidak langsung. Contohnya adalah keyboard, mouse, layar sentuh(touch screen), tablet, scanner, sensor pada pada kamera digital, serta microphone. Pada perangkat input langsung, input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Sebaliknya pada perangkat input tidak langsung, input akan melewati media tertentu sebelum diproses oleh alat pemroses. Contohnya adalah magnetic disk dan optical disk. Magnetic disk mampu menyimpan berupa data dan program melalui magnetisasi suatu medium. Sedangkan optical disk mampu menyimpan informasi melalui cahaya atau laser yang ditangkap oleh kepingan CD/DVD

1. Keyboard

Keyboard digunakan untuk mengetik dan memasukan perintah atau data yang akan diolah dikomputer. Pada dasarnya terdapat empat jenis tombol keyboard, yaitu function key, special key, alphanumeric key, dan numeric key. Function key berguna untuk melakukan tugas khusus, misalnya membuka menu HELP. Tombol ini terletak diatas atau disamping keyboard dan bertuliskan F1, F2, F3, dan seterusnya. Special key berguna untuk melakukan tugas spesifik, misalnya tombol untuk mengetik huruf capital. Alphanumeric key merupakan tombol untuk mengetik huruf, angka dan tanda baca . numeric key berupa angka yang terpisah dengan lay out (tata letak) seperti tombol kalkulator. Jenis keybard bervariasi, yaitu keyboard 83, 101, 102, 104 dan 109 tombol. Pada keyboard 83 tombol, fuction key terletak disebelah kiri dan terdiri atas tombol F1 sampai F10 pada keyboard 101 tombol, fuction key terletak diatas dan terdiri atas F1 sampai F12. Umunya, keyboard 104 tombol yang memiliki tambahan 2 tombol windows dan 1 tombol sortcut. Keyboard yang ditujukan untuk menulis huruf jepang yang memiliki 109 tombol. Tombol keyboard bersifat typematic, artinya akan mengeluarkan huruf berulang ruling selama Tombol tersebut ditekan.

Perbedaan keyboard komputer dengan mesin tik adalah fungsi tombol caps loks. Jika tombol caps lock pada mesin tik ditekan maka semua tombol yang mempunyai dua fungsi (seperti tombol angka) angka berfungsi untuk karakter yang diatas. Sebaliknya pada komputer tombol caps lock hanya berfungsi untuk huruf saja. Jika caps lock diaktifkan maka semua huruf yang diketik akan menunjukkan huruf besar, sedangkan kunci angka tidak ada perubahan. Tombol shift digunakan untuk mengetik karakter yang tertilis dibagian atas tombol pada keyboard. Tombol ESC (escape) pada pojok kiri atas keyboard digunakan untuk masuk kemenu atau menulis atau menulis baris baru.

To be Continue………………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar