Rabu, 09 Februari 2011

Notebook Acer eMachines D725 WiFi No Connection

Kasus:
Notebook ini tidak memiliki saklar / switch WiFi ON/OFF. Jadi diasumsikan WiFi selalu ON.
Sistem Operasi yang digunakan adalah Windows XP.
Untuk menguji daya tangkap WiFi, notebook diletakkan pada lingkungan di mana terdapat sinyal WiFi.
Pada saat dilakukan scanning / Refresh Network List, tidak ada sinyal WiFi yang terdeteksi, meskipun sudah dipastikan ada sinyal WiFi pada lokasi tersebut.

Cek:
*Periksa Device Manager, tidak ada masalah pada driver WiFi, driver yang terinstalasi adalah driver bawaan Windows XP.
*Ganti kabel antena WiFi juga tidak membuahkan hasil

Solusi:
Acer eMachines adalah produk notebook versi awal dari Acer.
Driver terbaru untuk produk ini bisa didapatkan dari website http://www.emachines.co.id.

*Download driver WiFi terbaru untuk notebook tersebut (Atheros Wireless LAN XB63) dari website tersebut
*Instalasikan Client Utility dan Driver WiFi, ingat: Jangan hanya install driver, tapi install juga CLIENT UTILITY
*Gunakan CLIENT UTILITY dari Atheros untuk membuat koneksi ke jaringan Wireless yang ada ==> Sinyal WiFi terdeteksi, koneksi berhasil

Catatan: Untuk jaringan Wireless dengan tambahan fasilitas proteksi / security, langkah yang harus dilakukan untuk membuat koneksi adalah:
*Klik kanan pada icon Wireless Atheros (system Tray), pilih Client Utility
*Tekan tombol SCAN, lalu select jaringan wireless yang terdeteksi, klik ACTIVATE.
*Muncul menu untuk membuat Profile. Isikan nama Profile, pada Tab SECURITY pilih salah satu jenis security, lalu isikan kode security nya.
*Jika koneksi tidak berhasil, ganti tipe security dengan tipe lainnya.

Tips Merawat Laptop

Pengunaan laptop sekarang ini semakin marak terlebih dengan menjamurnya hotspot-hotspot area di sarana public atau di café-café dan tempat hang-out anak-anak muda. Laptop bahkan menjadi sebuah keharusan dan wajib ada jika ingin bersosialisasi di area-area tersebut, hanya saja belum banyak yang tahu bagaimana merawat laptop agar laptop awet dan selalu siap dipergunakan dalam berbagai keperluan.
Dalam kesempatan kali ini, simplyeko.com mencoba untuk menghadirkan tips sederhana merawat laptop berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Membersihkan Laptop
Laptop perlu dibersihkan secara regular atau jika memang tidak bisa secara berkala, sebisa mungkin saat waktu senggang digunakan untuk membersihkannya. Ingat, laptop yang dipakai sering dibawa keluar sambil bersosialisasi pastinya kotoran akan menempel baik di layar monitor laptop maupun di body dari laptop, untuk layar laptop cukup gunakan kain halus dan cairan yang memang dikhususkan untuk alat elektronik. Jangan gunakan cairan kimia yang bersifat korosif seperti propanol, beli saja cairan pembersih khusus di toko-toko elektronik. Kalau saya menggunakan bahan kimia yang saya beli di ace hardware.
Juga jangan lupa bagian keyboard, ini perlu diperhatikan dan perlu dibersihkan juga. Gunakan kuas kecil dan bersih serta lembut untuk membersihkan kotoran di sela-sela keyboard. Karena dalam beberapa kali melakukan bersih-bersih di keyboard, ada kotoran kecil-kecil yang mengganggu posisi tuts keyboard sehingga menggangu kinerja keyboard. Apalagi laptop yang saya gunakan sering dipakai untuk wardriving dan remote server dari koneksi wireless klien.
2. Periksa kondisi Kipas
Perhatikan laptop dan lihatlah posisi kipas yang ada di laptop. Kipas berguna untuk mengeluarkan panas yang ditimbulkan saat semua komponen di dalam laptop bekerja terutamanya prosessor. Jangan sampai lubang ventilasi yang ada di depan kipas tersumbat dengan kotoran. Bersihkan dengan kuas kecil dan lembut. Bersihkan secara berkala dan selalu pastikan kipas tersebut bekerja dengan baik. Perhatikan juga suara yang timbul saat menggunakan laptop, bisa jadi jika ada suara yang lain dari biasanya komponen dari laptop sudah mulai mendekati life time atau rusak. Hal ini sering terjadi pada hard disk.
3. Batterai laptop
Laptop digunakan untuk mendukung mobilitas dan tidak terbatasi dengan kabel. Oleh karena itu kondisi batterai di laptop harus diperhatikan dengan benar-benar karena batterai merupakan sumber tenaga laptop. Semakin banyak cell di batterai maka semakin lama juga power yang disimpan. Penggunaan laptop yang hanya berdiam di 1 tempat, misalkan di letakkan di meja dan lebih dari 2 jam lebih baik batterai di lepas. Hal ini akan menghindari batterai melemah, jika memang harus benar-benar mobile maka perlu batterai cadangan sebagai backup atau mencari batterai yang mempunyai cell yang banyak sehingga mampu menyimpan power lebih besar.
3. Handling Laptop
Gunakan tas yang memang di desain untuk laptop. Jika menyukai membawa laptop menggunakan backpack atau tas punggung, beli backpack yang memang didesain khusus untuk laptop. Sudah banyak yang menyediakan backpack seperti ini bahkan merk tas local juga sudah banyak yang membuat. Jangan lupa untuk menyesuaikan besar kecilnya laptop dengan backpack, Jangan sampai laptop ukuran 14 inch menggunakan tas laptop berukuran 17 inch, karena jika masih ada space untuk laptop bergerak maka besar kemungkinan laptop menjadi rusak saat dibawa akan semakin besar.
4. Penempatan Laptop
Tempatkan atau dudukkan laptop pada tempat yang rata. Jangan di letakkan di kasur atau sofa yang empuk. Karena hal ini akan menghalangi aliran udara panas yang dikeluarkan oleh laptop. Jika udara panas tidak keluar dengan lancar, maka udara panas ini akan berbalik sehingga memanaskan komponen yang ada di dalam laptop. Jika ini terjadi maka bersiaplah dengan dana untuk merepair atau membeli yang baru.
5. Jauhkan Laptop dari Makanan dan Minuman
Bersosialisasi di cafe ataupun public space yang berhotspot sambil ditemani laptop memang menyenangkan, tetapi lebih menyenangkan jika laptop yang kita punya dijauhkan dari makanan dan minuman. Laptop sangat rentan dengan cairan, jadi saat makan atau minum matikan dahulu laptop dan masukkan tas. Makan saja dahulu baru berlaptop lagi. Atau jika memang harus menggunakan laptop saat makan dan minum, pastikan laptop tidak terkontaminasi dengan kotoran atau cairan saat makan dan minum. Yang pasti jika kuah bakso yang panas ataupun kopi panas tumpah dan mengenai laptop, segera saja sisihkan dana untuk memperbaiki atau membeli yang baru
6. Service Laptop
Laptop telah dirawat dan digunakan dengan baik, hanya saja bukan berarti laptop lepas dari kerusakan. Jika ini yang terjadi maka bawalah laptop ke tempat service yang memang benar-benar qualified. Laptop tidak seperti desktop yang mungkin bisa kita mintakan repair ke service di pinggir jalan. Usahakan bawa laptop ke service center bahkan jika masih garansi jangan berupaya untuk merepair sendiri. Bawa saja ke service center laptop yang dibeli. Bagaimana jika service center-nya tidak ada?, cari informasi yang akurat dimana saja tempat terdekat di kotamu yang bisa merepair laptop dengan bagus.
7. backup Data
Ini diluar dari tips merawat laptop tapi karena di dalam laptop banyak data yang penting dan besar, maka back-up secara berkala itu penting. Jangan sampai dipusingkan 2 kali dengan rusaknya laptop juga hilangnya data. Lakukan back-up secara berkala untuk menghindari kehilangan data secara total.
Demikian tips sederhana kali ini dan semoga berguna bagi anda sekalian. Jika ada yang ingin menambahi silahkan gunakan kolom komentar.

1 komentar: