Senin, 14 Februari 2011

Melihat Spesifikasi Komputer

Melihat Spesifikasi Komputer


Anda mungkinpernah mengalami kewalahan dalam melihat spesifikasi komputer yang anda miliki. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan membuka chasing komputer dan melihat satu persatu barang yang ada di dalamnya. atau dengan melihat di bois, tapi kadang kala tidak semua bios mnyediakan fasilitas tersebut.
Nah ada jalan lain untuk melihat spesifikasi kita, tanpa harus membuka atau membongkar chasing. caranya adalah sebagai berikut :


klik start, pilih Run
ketik dxdiag


Tutorial LAN (Lokal Area Network) Untuk Pemula



tutorial lanLocal area network adalah hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu ruang atau gedung tertentu. Dengan Local area network maka kita dapat berbagi sumber daya komputer antara seorang user dengan user lain. Selain itu dapat juga untuk sharing (berbagi pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Kita dapat membuka file atau dokumen tanpa harus duduk didepan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek kata dengan adanya local area network maka akan mempercepat proses pertukaran dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan. Namun dengan adanya local area network ini juga membuka peluang untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan terhadap dokumen yang di share sehingga menimbulkan kerawaan terhadap dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dibuka oleh user yang tidak berhak. Dalam rangka ini sistem windows telah menyediakan fasilitas dalam rangka untuk memproteksi data dan informasi tidak terjadi penyimpangan. Namun terjadi dan tidaknya penyimpangan akan kembali lagi kepada user maupun administrator bisakan dia bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.

LOGIN KE JARINGAN
Login adalah proses yang dilakukan untuk masuk ke dalam jaringan komputer. Ada dua macam login yang pertama adalah Jika komputer baru pertama dihidupkan maka jendela yang pertama muncul adalah jendela login. Yang kedua adalah login untuk berganti user. Langkah langkah login: Nyalakan komputer dan anda tunggu sampai jendela login yang pertama muncul. Klik pada login yang Guest. Tunggu sampai muncul jendela desktop. Jika sidah muncul maka proses login sudah berhasil. Untuk menjelajah jaringan komputer kita membutuhkan program dengan nama windows Explorer. Untuk membuka program tersebut ikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik tombol start à All Program à Accessories à Windows Explorer. Dalam sekejap maka akan muncul jendela Windows Explorer

1. jendela windows Explorer terbagi menjadi dua yaitu jendela sebelah kiri menampilkan susunan hirarki folder dan bagian sebelah kanan menampilkan isi dari folder atau drive yang sedang aktif.

2. Carilah dan klik folder my network places yang terdapat pada jendela sebelah kiri. Maka akan muncul daftar folder atau drive yang di share.

3. Klik tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada entire network. Maka akan muncul sub folder dibawahnya yaitu Microsoft Windows Network.

4. Klik tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada Microsoft Windows Network. Maka akan muncul domain atau group jaringan yang sedang aktif

5. Klik pada tanda plus yang terdapat di sebelah kiri pada domain. Maka akan muncul daftar komputer yang sedang aktif di jaringan misalnya ada komp1, komp2 dan seterusnya.

6. klik tanda plus yang terdapat disebelah kiri pada komp1 yang ingin anda kunjungi. Ketika di klik maka anda akan melihat daftar folder yang di share. Dari folder-folder tersebut anda dapat melihat isinya.


SHARING FOLDER

Agar data folder dan dokumen kita dapat diakses dari komputer lain maka kita harus melakukan sharing folder.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan sharing folder :

Cari dan aktifkan folder yang akan kita share yang terdapat di drive d:\ Klik menu File à Properties.

klik pada tab sharing yang terdapat pada bagian atas kotak dialog klik pada check box share this folder on the network.

Ketikkan nama share yang diinginkan pada share name yang terdapat dibawahnya. Aktifkan check box “Allow network user to change my files” Klik OK. Anda perhatikan maka folder yang dishare akan berganti icon menjadi “folder shared”.

MENONAKTIFKAN SHARED FOLDER

Klik folder yang sudah di share pada komputer masing-masing Klik menu file à properties. Aktifkan tab sharing Hilangkan tanda centang pada kotak dialog share and security

Tidak ada komentar:

Posting Komentar